WordPress 5.9 dirilis! Apa saja fitur barunya?

WordPress-5.9-dirilis!-Apa-saja-fitur-barunya

WordPress 5.9 yang dirilis pada tanggal 25 Januari membawa banyak fitur baru dan berbagai peningkatan fitur lainnya. Namun yang paling diharapkan dari WordPress 5.9 adalah kemudahan desain website dengan fitur Full Site Editing.

WordPress 5.9 dirilis! Apa saja fitur barunya?

Ingin tahu apa yang mungkin dilakukan dengan Pengeditan Situs Lengkap? Lalu apa saja pembaruan fitur di WordPress 5.9? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

WordPress-5.9-dirilis!-Apa-saja-fitur-barunya

Apa yang baru di WordPress 5.9?

Di bawah ini adalah beberapa fitur dan perubahan baru yang hadir di WordPress versi 5.9:

1. Blokir topik dan pengeditan situs lengkap

WordPress 5.9 memperkenalkan tema default yang disebut Twenty Twenty-Two tergantung pada tahun rilis.

Yang membedakannya dengan theme lainnya, Twenty Twenty-Two adalah block theme, yaitu theme WordPress dengan template yang terbuat dari balok.

Tema Blok memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan halaman penuh di situs WordPress Anda. Tapi apa itu edit situs web lengkap?

Full Site Editing adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengedit seluruh situs web termasuk tema, widget, dll tanpa menyentuh kode situs web.

Ini adalah bagaimana Anda dapat mendesain situs web dari header ke footer tepat di editor blok WordPress.
Tema baru di WordPress 5.9

Nah, jika tema yang Anda pilih adalah tema blok dan aktif, Anda tidak akan menemukan fungsi kustomisasi seperti di versi lama. Sebagai gantinya, Anda melihat submenu Editor di menu View.

Baca Juga: 10+ Tema WordPress SEO-Friendly Gratis Terbaik
2. Gaya global untuk desain situs web yang lebih mudah

Di WordPress 5.8, Anda dapat menggunakan fitur Kustomisasi untuk melakukan pengeditan sebagian untuk mendesain situs web. Namun, kustomisasi tipografi, warna, tata letak, dan blok masih perlu dilakukan di file theme.json.

Nah, WordPress 5.9 menyediakan antarmuka grafis untuk theme.json. Jadi kamu bisa melakukan desain website tanpa mengedit atau menambahkan kode apapun di file theme.json.

Dengan Global Styles yang diperkenalkan di versi terbaru ini, Anda akan melihat sidebar baru bernama Styles yang berisi 4 komponen berikut:

Tipografi – Panel tempat Anda mengontrol tipografi untuk teks dan tautan di situs web. Anda dapat mengatur keluarga font, ukuran, tinggi garis, dan tampilan.
Gaya tipografi dalam tema blok WordPress 5.9

Warna – Panel tempat Anda memilih atau menyesuaikan warna untuk elemen situs web.
Gaya warna dalam tema blok WordPress 5.9

Tata Letak – Area tempat Anda dapat menyesuaikan tata letak, mis. B. Mengatur padding untuk layout website.
Gaya tata letak dalam tema blok WordPress 5.9

Blok – Gaya global sekarang memungkinkan Anda mengubah tampilan blok tertentu. Namun, perlu diingat bahwa setiap blok memiliki elemen berbeda yang dapat disesuaikan.

Misalnya, di blok paragraf, Anda dapat mengubah tipografi dan warna. Saat berada di tombol blok, Anda dapat mengatur tipografi, warna, dan tata letak.
Gaya blok dalam tema blok WordPress 5.9

Baca Juga: Update Terbaru Plugin Astra WordPress Menawarkan Lebih dari 100 Template Gratis!
3. Blokir editor dengan fitur yang lebih baik

WordPress 5.9 meningkatkan fungsionalitas beberapa editor blok, termasuk:

Blok Navigasi – Sekarang Anda dapat menggunakan blok navigasi pada posting dan halaman. Anda dapat menggunakan blok ini untuk membuat menu navigasi untuk artikel atau halaman arahan Anda. Misalnya untuk membuat daftar isi seperti berikut ini:
blok navigasi

Konten blok navigasi disimpan dalam database sebagai wp_navigation. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan menu navigasi berulang kali untuk tema blok yang berbeda.

Galeri Gambar dan Gambar yang Dipilih – Jika di WordPress 5.8 kustomisasi Galeri Gambar dan Gambar yang Dipilih dibatasi. Sekarang Anda dapat mengatur dimensi (tinggi, lebar, kontrol skala) dan menerapkan filter dupleks ke setiap gambar.

Pemangkasan gambar logo situs web – Sebelumnya, logo hanya dapat diedit sebelum diunggah. Di WordPress 5.9, Anda dapat memotong, memperbesar, dan memutar gambar dengan Blok Logo Situs langsung dari bilah alat blok.

Borders – Saat menggunakan blok grup, Anda akan melihat panel Borders di bilah sisi pengaturan blok. Anda dapat mengubah lebar dan gaya batas sesuai keinginan.

Tampilan Daftar – Sekarang Anda dapat dengan mudah menarik dan melepas bagian dalam Tampilan Daftar.

Kontrol Jarak Blok – Kontrol Jarak Blok memungkinkan Anda mengatur jarak elemen dalam satu blok.

Kontrol Tautan – Kontrol tautan sekarang menyediakan pratinjau URL komprehensif yang menunjukkan detail tautan target.

Tautan Popup – Di editor pos, Anda dapat membuat halaman baru langsung dari popup tautan sebaris

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel

About Aldi 298 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH