Sejarah Berdirinya PBB

Penandatanganan Piagam PBB di San Francisco, 1945. Liga Bangsa-Bangsa gagal mencegah pecahnya Perang Dunia II (1939-1945). Untuk mencegah pecahnya Perang Dunia Ketiga, yang tidak diinginkan oleh semua umat manusia, pada tahun 1945 Perserikatan Bangsa-Bangsa didirikan untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang gagal untuk memelihara perdamaian internasional dan meningkatkan kerja sama dalam menyelesaikan masalah-masalah ekonomi, sosial dan kemanusiaan.

Rencana konkret awal untuk organisasi dunia baru dimulai di bawah naungan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1939. Franklin D. Roosevelt diyakini sebagai orang pertama yang menciptakan istilah “Persatuan Bangsa-Bangsa” sebagai istilah untuk menggambarkan negara-negara Sekutu.

Istilah ini pertama kali digunakan secara resmi pada tanggal 1 Januari 1942, ketika 26 pemerintah menandatangani Piagam Atlantik, yang masing-masing berjanji untuk melanjutkan upaya perang. Pada tanggal 25 April 1945, Konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa tentang Organisasi Internasional dimulai di San Francisco, dihadiri oleh 50 pemerintah dan sejumlah organisasi non-pemerintah yang terlibat dalam penyusunan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

PBB secara resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945 setelah ratifikasi Piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan – Prancis, Republik Cina, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat – dan mayoritas dari 46 anggota lainnya. Sidang Umum pertama, dengan 51 perwakilan negara, dan Dewan Keamanan, diadakan di Westminster Central Hall di London pada bulan Januari 1946.

Posisi organisasi ini awalnya menggunakan gedung Sperry Gyroscope Corporation di Lake Success, New York, dari tahun 1946 hingga 1952. Hingga gedung Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di Manhattan selesai dibangun. Sejak didirikan, banyak kontroversi dan kritik telah dilontarkan di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Di Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-Bangsa memulai saingannya dengan John Birch Society, yang memulai kampanye untuk “mengeluarkan AS dari PBB” pada tahun 1959, dan menuduh bahwa tujuan PBB adalah untuk membentuk “Pemerintah Satu Dunia “. Setelah Perang Dunia II berakhir, berakhirnya Komite Kemerdekaan Prancis diakui oleh AS sebagai pemerintahan resmi Prancis, sehingga pada awalnya Prancis tidak diikutsertakan dalam konferensi untuk membahas pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Charles de Gaulle menyindir PBB dengan menyebut le Machin dalam bahasa Indonesia: “Si That”, dan tidak yakin bahwa aliansi keamanan global akan membantu menjaga perdamaian dunia, ia lebih percaya diri dengan perjanjian / pakta pertahanan antar negara secara langsung.

Dasar Hukum Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Tak lama setelah berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta pengakuan sebagai badan hukum internasional untuk menerima “Kompensasi untuk PBB Lebih dari Cedera yang dideritanya”, disertai dengan pendapat Mahkamah Internasional (ICJ). Pertanyaan yang muncul adalah “Apakah PBB, sebagai sebuah organisasi, memiliki hak untuk menuntut klaim internasional terhadap cedera terkait pemerintah tertentu yang diderita oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang diduga disebabkan oleh negara / pemerintah.”

Organisasi (PBB) bermaksud untuk menjalankan hak dan kewajibannya, bahkan mampu menjalankan kewajiban dan menerima hak tertentu hanya dapat dijelaskan jika memiliki kapasitas besar berkepribadian internasional dan mampu beroperasi di ranah internasional. Dengan demikian, Mahkamah berkesimpulan bahwa Organisasi ini (PBB) adalah badan hukum internasional.

Persatuan Bangsa-Bangsa

Sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa didasarkan pada lima organ utama (sebelumnya enam – Dewan Perwalian berhenti beroperasi pada tahun 1994, setelah kemerdekaan Palau, satu-satunya wilayah kepercayaan PBB yang tersisa), Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) , Sekretariat dan Mahkamah Internasional.

Lima dari enam organ utama Perserikatan Bangsa-Bangsa terletak di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terletak di wilayah internasional Kota New York. Mahkamah Internasional bermarkas di Den Haag, sementara badan-badan besar lainnya bermarkas di kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, Wina, dan Nairobi. Badan PBB lainnya tersebar di seluruh dunia.

Enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang digunakan dalam persiapan pertemuan dan dokumen antar pemerintah, adalah bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol. Sekretariat dan Dewan Keamanan menggunakan dua bahasa kerja, Inggris dan Prancis, sedangkan Majelis Umum menggunakan tiga bahasa kerja, Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Empat dari bahasa resmi adalah bahasa nasional anggota tetap Dewan Keamanan (Inggris dan Amerika Serikat masing-masing menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi de facto), Spanyol dan Arab adalah bahasa dari dua bahasa terbesar. bahasa resmi blok di luar keanggotaan tetap (Spanyol adalah bahasa resmi di 20 negara, sedangkan bahasa Arab di 26 negara).

 

Referensi 1 :

  1. https://officialjimbreuer.com/
  2. https://www.mobifrance.com/
  3. https://memphisthemusical.com/
  4. https://exposicionesmapfrearte.com/
  5. https://timeisillmatic.com/
  6. https://votizen.com/
  7. https://boutiquevestibule.com/
  8. https://ariatemplates.com/
  9. https://worldbeforeher.com/
  10. https://thinknext.net/
  11. https://daftarpaket.co.id/
  12. https://merkbagus.id/
  13. https://rollingstone.co.id/
  14. https://www.gurupendidikan.co.id/
  15. https://www.dosenpendidikan.co.id/

 

Referensi 2 :

https://duniapendidikan.co.id/
https://pendidikan.co.id/
https://pengajar.co.id/
https://www.ayoksinau.com/
https://pakdosen.co.id/
https://dolanyok.com/
https://hargaburung.id/
https://www.dosenmatematika.co.id/
https://merekbagus.co.id/
https://ngelag.com/
https://www.sudoway.id/
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/
https://www.kakakpintar.id/
https://www.belajarbahasainggrisku.id/
https://ruangseni.com/

https://voi.co.id/

https://bootb.com/
https://excite.co.id/

https://newsinfilm.com/

https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/

About Aldi 166 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH