Review 5 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik

6-Rekomendasi-Kamera-Pocket-Panasonic-Lumix-DMC-LX10

Apalagi bagi yang suka berpergian, ukurannya yang ringkas membuat kamera ini lebih mudah dibawa kemana-mana.

Desain kamera saku juga menyesuaikan dengan keinginan penggunanya, ada kamera profesional dan kamera travel. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang bagaimana memilih dan merekomendasikan kamera saku terbaik dan cara merawatnya.

Bagaimana cara memilih kamera saku yang bagus?
Bahkan, kamera saku tersedia dalam berbagai spesifikasi dan harga mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat berbelanja kamera saku berkualitas tinggi.

1. Periksa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas gambar

Faktor pertama dalam pilihan adalah piksel dan sensor gambar. Ukuran piksel menunjukkan kerapatan piksel gambar, mis. Misalnya, kamera 13MP menampilkan foto dengan 13 juta piksel. Semakin besar ukuran piksel, semakin halus foto yang dihasilkan.

Sementara sensor gambar mempengaruhi pemrosesan foto, semakin besar sensornya, semakin baik hasilnya. Dua jenis sensor kamera yang terdapat pada kamera saku terbaik adalah CMOS dan CCD. Sensor CCD diketahui lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga tetap bisa mendeteksi objek dengan baik meski dalam kondisi minim cahaya.

Lalu ada faktor aperture, yaitu ukuran lubang lensa yang terbuka saat mengambil gambar dan biasanya dinyatakan dalam satuan f. F-number yang besar sebenarnya menunjukkan aperture yang kecil dan sedikit cahaya yang masuk, namun fokus kameranya lebar, sehingga bisa digunakan untuk memotret objek di dalam frame dengan jelas. Di sisi lain, saat f-number kecil, aperture dan insiden cahaya meningkat dan fokus kamera menyempit, sehingga digunakan untuk menciptakan efek bokeh. Jika Anda ingin memastikan, kami merekomendasikan kamera saku terbaik dengan aperture f/1.8 – f/2.8.

Selain itu, ada faktor ISO, yaitu sensitivitas cahaya dari sensor kamera. Semakin tinggi nilai ISO, semakin baik kamera mampu mengambil gambar dalam kondisi gelap dan semakin cepat shutter speed agar gambar tidak kabur. Angka ISO standar yang digunakan pada kamera saku terbaik adalah 3200 dan ISO 6400 untuk kamera yang sering digunakan untuk pemotretan di malam hari. Namun, pastikan ISO kamera Anda seimbang dengan aperture dan kecepatan rana Anda.

Faktor keempat adalah shutter speed yang menjadi acuan bukaan shutter kamera yang mempengaruhi intensitas cahaya yang masuk. Kecepatan rana yang cepat menciptakan efek buram, sedangkan kecepatan rana yang cepat digunakan untuk memotret objek yang bergerak. Biasanya digunakan sebagai acuan detik atau pecahan detik untuk kecepatan rana, misalnya kecepatan rana terbaik untuk kamera saku ditulis 1/100 yang artinya kecepatan rana adalah 1/100 koresponden.

2. Pilih sesuai dengan jenis tangkapan yang Anda butuhkan

Memotret dengan lensa salah satu kamera saku terbaik dipengaruhi oleh panjang fokus. Beberapa jenis bidikan yang paling populer adalah sudut lebar, telefoto, dan makro. Seperti namanya, lensa sudut lebar dapat menangkap objek besar tanpa memotong bagian kiri, kanan, atas, dan bawah.

Lensa telefoto umumnya digunakan untuk memotret dan menangkap objek yang jauh tanpa mengaburkannya. Jika Anda membutuhkan kamera saku terbaik dengan lensa jenis ini, pastikan Anda mengetahui jarak maksimum yang dapat ditempuh lensa tersebut. Tidak seperti lensa telefoto, lensa makro membantu Anda memotret objek yang sangat dekat, seperti bunga, serangga, tetesan air, dan objek sangat dekat lainnya.

3. Periksa fungsi dukungan kinerja kamera:

Pertama, image stabilization untuk meminimalkan jitter saat merekam video. Salah satu jenis stabilisasi gambar terbaik di kamera saku adalah OIS (Optical Image Stabilization), yang bekerja dengan sistem mikroelektromekanis di lensa kamera. Tipe lainnya adalah EIS (Electronic Image Stabilization) yang bekerja dengan menggunakan software untuk mengoreksi gambar agar tidak goyang. Namun, untuk kamera saku, sebaiknya gunakan OIS karena lebih mudah mengoreksi gerakan yang terjadi selama kamera.

4. Memeriksa berat dan masa pakai baterai

Kamera saku terbaik sering digunakan di luar ruangan, sehingga bobot kamera juga harus diperhitungkan. Jika Anda suka bepergian, sebaiknya pilih kamera yang beratnya sekitar 300 gram atau kurang. Jangan lupa untuk memeriksa kapasitas baterai, biasanya ditunjukkan dengan jumlah gambar yang dapat diambil atau durasi perekaman video saat baterai diisi. Kamera saku yang bagus dapat mengambil setidaknya 200 foto atau merekam video berdurasi 120 menit.

5 Tips Kamera Saku Teratas

Beberapa merek kamera besar seperti Sony, Canon dan Nikon juga telah merilis produk kamera saku untuk fotografer perjalanan atau bahkan profesional. Berikut ini adalah rekomendasi kamera saku pilihan kami yang cukup mudah ditemukan di pasaran.

1. DJI Pocket 2 – Stabilizer Gimbal Genggam 3-Axis

Dengan berat hanya 116 gram dan tidak lebih besar dari telapak tangan Anda, DJI Pocket 2 pasti sangat ringan untuk dibawa. Kamera saku ini juga cukup kaya fitur, termasuk Gimbal 3-sumbu yang menstabilkan kamera. Sensornya hanya berukuran 1 / 1,7 inci dan dapat menghasilkan gambar diam 64MP dan video 4K. Dikombinasikan dengan lensa sudut lebar 20mm f / 1.8, lensa ini menghasilkan gambar film yang besar dan jernih.

2. Fujifilm Instax Mini 11

Fujifilm Instax Mini 11 adalah salah satu merek kamera saku terlaris di pasaran. Produk ini berisi kamera analog instan dengan frame rate 60 fps dan dirancang untuk selfie. Lensa Fujinon 60mm F / 12.7 digunakan untuk lensa ini, sehingga sangat cocok untuk fotografi jarak dekat.

3. Sony Cybershot DSC W830

Sony Cybershot DSC W830 memiliki kamera 20.1MP, sensor gambar Super HAD CCD dan kompatibel dengan prosesor BIONZ sehingga dapat menghasilkan foto resolusi tinggi dan video HD 1280 x 720p pada 30fps. Dengan ISO 3200, kamera saku ini dapat mengambil foto yang bagus bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sony Cybershot DSC W830 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti 8 face detection, teknologi smile shot, closed eye detection dan beauty effect.

4. Kamera saku bermotor 3-sumbu Moza MOIN

Moza MOIN adalah kamera berukuran saku yang harganya tidak mahal, tetapi dikemas dengan fitur-fitur seperti layar sentuh 2,45 untuk kontrol pengaturan kamera yang mudah dan Anti-Shake bermotor 3-sumbu untuk bidikan yang mulus. Produk ini juga dilengkapi dengan sistem stereo digital MOZA, sehingga Anda dapat menghasilkan video dengan suara jernih dan minim noise.

5. Canon iNSPiC (C) CV-123A

Canon iNSPiC [C] CV-123A dilengkapi dengan printer, sehingga Anda dapat langsung mencetak foto yang Anda ambil. Anda juga dapat mencetak foto dari ponsel cerdas Anda melalui aplikasi Canon Mini Print. Kamera kompak ini menawarkan fitur pengeditan foto seperti menambahkan stiker, warna foto yang lebih terang, atau efek kecantikan.

About Aldi 295 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH