Tips Cara Menghitung Return Saham

Cara menghitung return saham

Memahami Pengembalian Saham

Pengembalian saham dikenal untuk orang yang sering berinvestasi saham. Kata lain dari return saham adalah return yang baik, yang merupakan keuntungan investor dalam berinvestasi. Sedangkan tujuan berinvestasi biasanya untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai jenis sarana investasi.

Pengembalian saham adalah selisih antara harga jual saham dan harga beli ditambah dividen dari investasi ekuitas yang dilakukan. Padahal, hasil dari investasi ini tidak selalu menghasilkan keuntungan, tetapi juga bisa menimbulkan kerugian. Dengan kata lain, return saham adalah jumlah keuntungan dari aktivitas saham dalam bentuk capital gain atau capital loss
Jenis pengembalian saham

Sekarang setelah Anda sedikit memahami tentang return saham, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenisnya sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menghitung return saham. Ada rumus yang perlu Anda ketahui tentang return saham, yaitu harga jual akhir dikurangi harga beli awal ditambah dividen. Diketahui ada dua jenis return saham yang perlu dipahami, antara lain:
1. Realisasi Pengembalian Saham

Jenis pertama adalah return saham realisasi, yaitu return saham berdasarkan perhitungan selisih harga dari pergerakan harga saham historis. Perhitungan selisih harga berfungsi untuk menganalisis risiko di masa mendatang. Tingkat keuntungan masih harus dipecah menjadi beberapa perhitungan teknis.
2. Pengembalian saham yang diharapkan

Berikutnya adalah return saham yang diharapkan, jenis hasil saham yang terbentuk dari tingkat pendapatan yang diharapkan. Dimana jenis imbal hasil tersebut masih berupa ekspektasi atau perkiraan yang belum terealisasi dan terbukti tetapi masih berupa proyeksi atau ekspektasi.
Komponen Pengembalian Saham

Sebelum mengetahui faktor-faktor apa saja yang sangat mempengaruhi perolehan return saham, Anda juga perlu mengetahui komponen-komponennya. Komponen tersebut meliputi:
1. Dividen

Dividen merupakan komponen pertama yang memiliki arti yang diterima perusahaan sebagai pembayaran kepada pemegang saham. Hasil dapat berupa uang tunai atau saham. Dari mana jalan menuju dividen juga dikenal dengan hasil pengurangan laba perusahaan dengan laba ditahan.

Ketika keuntungan yang dibuat oleh perusahaan besar, manfaat terpisah ditawarkan kepada pemegang saham. Karena perusahaan membayar dividen dalam bentuk saham untuk menjaga tingkat modal perusahaan.
2. Bonus Saham

Selanjutnya terkait dengan perhitungan return saham, muncul komponen saham bonus. Artinya, merupakan suatu bentuk pengembalian saham suatu perusahaan kepada investor atau pemegang saham. Harap dicatat bahwa dividen bukan satu-satunya cara untuk memberikan pengembalian kepada investor karena ini masih bisa dalam bentuk ekuitas.

Ada beberapa alasan yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mendistribusikan saham bonus, yaitu untuk menyenangkan investor sekaligus menanamkan kepercayaan untuk menarik investor membeli saham tersebut.
3. Keuntungan Modal

Terakhir adalah capital gain, dimana salah satu komponen tersebut adalah jenis return saham yang diperoleh dari pergerakan saham sebelumnya. Capital gain adalah suatu keuntungan dan tentunya memiliki kondisi yang berkebalikan atau disebut juga dengan capital loss

Sumber :

About Aldi 298 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH