10 Teknik dan Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

10 Teknik dan Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Untuk itu, sangat penting informasi tentang cara menggunakan kamera profesional ini agar hasil foto lebih sempurna. Setiap merek kamera DSLR memiliki cara tersendiri dalam menggunakannya. Jika ingin membeli, silahkan beli menggunakan promo Blibli dari ShopBack, agar bisa mendapatkan tambahan cashback.

Kali ini kita akan membahas cara menggunakan kamera DSLR Canon untuk pemula.

Kebanyakan pemula bingung menyetel DSLR karena belum terbiasa atau tidak tahu. Berikut cara setting kamera DSLR untuk pemula yang mudah diikuti.
1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR
Cara Menggunakan Kamera DSLR
Gambar: difikomagazine.blogspot.co.id

Saat pertama kali menggunakan kamera DSLR, tentunya Anda merasa ada perbedaan jika dibandingkan dengan menggunakan kamera saku. Kamera DSLR ini menawarkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Anda harus mempelajari semua ikon tombol di kamera DSLR sehingga Anda dapat menggunakan kamera secara maksimal.

Pada setiap tipe atau tipe kamera biasanya akan terdapat tombol pengaturan yang sedikit berbeda. Jadi jangan malas untuk membaca manual book yang tersedia. Anda harus tahu di mana letak tombol pengaturan ISO, White Balance, dan Autofocus.
2. Mode rana dan bukaan
Cara Menggunakan Kamera DSLR
Gambar: Pexels

Cara menggunakan kamera DSLR yang perlu diketahui fotografer pemula bisa dimulai dari pemahaman tentang mode shutter dan aperture. Karena kedua mode ini sangat penting dalam kamera digital. Menggunakan mode rana dan bukaan ini memudahkan pengambilan gambar. Anda juga bisa menggunakan mode manual yang berfungsi untuk memunculkan berbagai pengaturan aperture dan shutter. Namun, untuk pemula sebaiknya jangan terlalu mengandalkan mode manual.
3. Kenali penggunaan White Balance
teknik foto
Gambar: http://fotonela.com/

Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna kamera digital pemula adalah pengambilan gambar dengan detail warna yang tidak akurat. Karena itulah Anda harus mengetahui white balance terlebih dahulu agar kamera dapat memotret objek dengan warna yang sesuai dengan kondisi. Jangan sampai Anda memotret objek yang seharusnya berwarna biru, namun foto tersebut ternyata berbeda warna.
4. Kenali penggunaan Histogram
teknik kamera digital
Gambar: http://www.pricebook.co.id/

Cara menggunakan kamera DSLR paling penting bagi pemula, karena komponen histogram sendiri merupakan komponen yang paling vital. Melalui penggunaan histogram, Anda dapat mengetahui bagaimana hasil gambar objek menjadi lebih detail.
5. Pahami fitur Bracketing Eksposur Otomatis
mengatur kamera dslr
Gambar: http://belfot.com/bracketing-kamera-dslr-setting/

Fitur ini memang jarang digunakan, namun beberapa kamera yang memiliki fitur ini dapat membantu fotografer pemula untuk dapat memotret objek dengan sempurna meski dalam kondisi pencahayaan yang terang.

[promotion_banner id=”595416″ title=”Promo Belanja Online, Kode Voucher Toko Online, Diskon, dan Kupon” image_url=”https://content.shopback.com/en/wp-content/uploads/2017/12/28181700 /847×100.png”]
6. Lepaskan rana
https://www.pexels.com/
Gambar: Pexels

Cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula juga tidak kalah pentingnya. Tombol shutter yang terdapat pada kamera DSLR tidak bisa digunakan sembarangan. Anda harus tahu cara melepaskan rana. Tak jarang menekan sebagian shutter justru bisa membuat fokus pada lensa. Untuk itu, Anda harus bisa memperkirakan kapan shutter bisa dilepas.

Baca Juga: Ingin Pandai Fotografi? Belajar Fotografi dari Channel Youtube Ini
7. Kunci fokus
kamera digital
Gambar: https://muhhawwin.wordpress.com/

Mengunci fokus adalah salah satu teknik yang harus dipelajari oleh fotografer pemula. Anda harus bisa mendapatkan focal length yang tepat agar gambar menjadi lebih fokus, baik itu untuk background maupun subjeknya. Jika Anda melakukan penguncian fokus yang salah ini, bisa jadi foto Anda akan buram.
8. Tampilkan subjek dengan jelas
kamera digital
Gambar: Pexels

Sebuah gambar harus dapat membuat subjek yang jelas. Dengan begitu, saat memotret, Anda harus memperhatikan aperture, pencahayaan, dan komponen lainnya. Melalui pengaturan yang tepat, bentuk subjek terlihat lebih dalam dan jelas.
9. Menggunakan lampu kilat kamera
menggunakan kamera digital
Gambar: Pexels

Bagi pengguna yang masih baru, menggunakan flash kamera sepertinya sepele. Justru menggunakan flash kamera ini dapat memberikan kesan yang mendalam pada sebuah foto. Anda dapat mengubah pencahayaan sehingga subjek terlihat jelas. Namun, jika Anda salah menggunakan flash ini, foto akan terlihat terlalu terang.

Sumber :

About Aldi 298 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH