Kisah mahasiswa Undiksha yang bertani puluhan juta rupiah

Kisah-mahasiswa-Undiksha-yang-bertani-puluhan-juta-rupiah

Sebagai mahasiswa, Anda dapat mengembangkan potensi Anda sebaik mungkin. Tidak hanya berkutat dengan perkuliahan, mereka juga mencoba hal baru dengan memulai berwirausaha.

Kisah-mahasiswa-Undiksha-yang-bertani-puluhan-juta-rupiah

Sejumlah perguruan tinggi juga berupaya mendorong kewirausahaan di kalangan mahasiswa

dengan berbagai program. Misalnya di Universitas Pendidikan Ganeseha (Undiksha) yang memiliki Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan organisasi wirausaha.

Adanya berbagai program tersebut tentunya membuka peluang bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Mahasiswa Program Studi (S1) Akuntansi Undiksha I Kadek Aldi Parera Putra memanfaatkan kesempatan tersebut dan berhasil memulai usaha di bidang pertanian bernama Klumpu Fresh.

Baca juga: Jadi Primadona, Ini Prospek Karir di Departemen Aktuaria
Terbukti berwirausaha sejak SD

Klumpu dalam bahasa Bali adalah tempat menyimpan beras. I Kadek Aldi menjelaskan

, beras disimpan sebelum diolah menjadi beras.

“Dinamakan Klumpu Segar karena artinya tempat penyimpanan produk-produk berupa sembako segar sebelum diolah di dapur umum,” kata Kadek, Rabu (18/8/2021) di laman Undiksha.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Ketertarikan Aldi dalam berwirausaha sudah ada sejak kecil. Pelajar asal Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali ini sudah mencoba berjualan berbagai jenis barang sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Seperti bunga kamboja, kembang api, agen asuransi, jasa redaksi, sepatu dan sebagainya

, perjalanannya terfokus pada bisnisnya saat ini.

“Yang utama saya tertarik berwirausaha karena ingin mencapai cita-cita membanggakan orang tua. Itu juga bisa mengubah sikap masyarakat dan menjalani kehidupan yang lebih manusiawi di masa depan,” kata Aldi.

Baca juga: Mahasiswa Tertua ITB, Itu Motivasi Rudy Raih Doktor di Usia 69 Tahun
Petani mendapatkan harga murah dari pengepul

Aldi mengaku awalnya berniat terjun ke agribisnis karena tahu harga murah yang dibayarkan pengumpul kepada petani. Kondisi ini seringkali membuat petani mengeluh.

Selain itu, Aldi juga memiliki pengalaman pribadi, karena bibinya adalah seorang petani. Hasil panen mereka ditawarkan oleh pengepul dengan harga murah. Selain itu, saluran distribusi dari petani ke konsumen cukup panjang.

 

LIHAT JUGA :

greenlifestyle.or.id
kopertis2.or.id
rsddrsoebandi.id
ktb-mitsubishimotors.co.id
topijelajah.com
mesinmilenial.com

About Aldi 182 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH