Intip 4 Cara Seru Belajar Bahasa Inggris, Kamu Suka

Lihatlah 4 cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, mana yang Anda suka?


1. Tonton Film atau Video Bahasa Inggris

Ayo cinephile a.k.a movie buffs, mana audionya? Mari kita tutup barisan. Di masa pandemi seperti ini, menonton film menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari menonton film, terutama saat belajar bahasa Inggris.

Menonton film berbahasa Inggris dapat menambah pengetahuan kita tentang ungkapan-ungkapan baru yang belum pernah kita jumpai sebelumnya. Selain itu, kita juga dapat menambahkan kosakata bahasa Inggris (vocabulary) dan bahasa gaul (slang) dari dialog yang diucapkan oleh para karakter dalam film tersebut. Oh ya, selain nonton film, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton video bahasa Inggris di TV atau YouTube, kan?

cara belajar bahasa inggris melalui film

Dengan sering menonton film atau video berbahasa Inggris, kita terbiasa mendengarkan percakapan penutur asli bahasa Inggris. Nah, sedikit demi sedikit ini akan membantu kita untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan kita dan membuat kita mengerti apa yang mereka bicarakan.

Selain itu, kita juga mengetahui intonasi (aksen) dan pengucapan yang tepat ketika sebuah kalimat diucapkan. Nah, untuk melatih keterampilan berbicara, kita bisa mencoba melafalkan kata-kata yang baru saja diucapkan oleh para karakter di film tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk belajar bahasa Inggris melalui film.

Cara belajar bahasa Inggris dari film

2. Mainkan game

Siapa yang tidak pernah bermain game? Saya yakin semua orang pernah. Ternyata game tidak selalu berdampak buruk. Selain untuk kebosanan, game juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris.

Tanpa kita sadari, bermain game akan melatih otak kita untuk lebih cepat menghafal dan menambah kosakata bahasa Inggris, lho. Apalagi jika permainannya seru dan mengasyikkan. Nah, game-game berikut ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula.

Cara belajar bahasa Inggris dengan permainan

3. Dengarkan lagunya sambil membaca liriknya

Hayoo… siapa yang suka dengerin lagu bahasa inggris dan nangis karena suasananya? Ngomong-ngomong, menangis karena artinya sedih, atau karena tidak tahu artinya? hei hei hei

Lagu memiliki kekuatan untuk mengubah emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan. Emosi ini dapat digambarkan hanya dalam satu lagu. Saat mendengarkan lagu bahasa Inggris, Anda dapat memahami arti lagu dengan mengetahui arti liriknya.

Selain itu, kamu juga bisa belajar melafalkan kata-kata dalam lirik lagu dan mengetahui arti dari kata-kata yang kamu nyanyikan. Nah, dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu bisa melatih kemampuan listening dan kosa kata kamu dalam bahasa Inggris.

Nah, untuk melatih pemahaman listening kamu, coba tebak lirik video lagu di bawah ini dan tulis jawaban kamu di kolom komentar ya?

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Belajar Matematika

4. Baca novel atau komik bahasa Inggris

tips lucu untuk belajar bahasa inggris

Pembaca (Sumber: pexels.com)

Nah, buat kamu yang suka membaca, kamu juga bisa membaca buku bahasa Inggris, novel atau komik untuk belajar grammar. Hal ini karena kata-kata yang disusun dalam buku tersebut ditulis secara terstruktur.

Kalau belum punya buku bahasa Inggris, bisa juga download e-book bahasa Inggris atau PDF, lho. Bagi kamu yang suka membaca komik, kamu bisa membacanya di Line Webtoon, Manga Plus, dan Manga Toon.

Selain karena penulisannya yang terstruktur, Anda tidak akan bosan. Karena Anda menyukai apa yang Anda baca. Misalnya, Anda menyukai cerita Harry Potter, sehingga Anda dapat belajar tata bahasa dari novel sambil bersenang-senang.

Sumber :

About Aldi 295 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH