Klasifikasi Tumbuhan Paku dan Peranan Pada kehidupan Secara Lengkap

Klasifikasi Tumbuhan Paku Secara Lengkap
Klasifikasi Tumbuhan Paku Secara Lengkap

Klasifikasi Tumbuhan Paku dan Peranan Pada kehidupan Secara Lengkap

Klasifikasi Tumbuhan Paku Secara Lengkap
Klasifikasi Tumbuhan Paku Secara Lengkap

 

Tidak lengkap rasanya jika kita membahas sesuatu tidak sampai tuntas.

Seperti janji saya kepada para pembaca sekalian dalam artikel saya sebelumnya dimana saya berjanji akan membahas lagi mengenai pterydophyta atau tumbuhan paku.Nah…untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai klasifikasi tumbuhan paku dan manfaatnya pada kehidupan yang mana untuk melengkapi artikel saya sebelumnya yang sudah anda baca tentunya yakni ciri-ciri dan reproduksi tumbuhan paku. Untuk yang sedang mencari informasi mengeni tumbuhan ini, silahkan ikuti saja penjelasan saya sampai tuntas.

 

Kalsifikasi Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku dibagi divisi menjadi empat yaitu Psilotophyta, Lycophyta, Sphenophyta, dan Pterophyta. Berikut ini akan saya bahas secara ringkas keempat divisi tersebut.

 

Psilotophyta

Pada generasi saprofit, Psilotum sp. mempunyai ranting dikotom dan tidak memiliki akar dan daun. Adapun sebagai penganti akarnya yaitu mempunyai rizoma yang diselubungi rambut-rambut kecil yang disebut rizoid.Psilotophyta merupakan tumbuhan paku sederhana dan hanya mempunyai dua generasi. Contoh yang sudah dikenal adalahPsilotum sp. yang tersebar luas baik di daerah tropis maupun subtropis

 

Lycophyta

Untuk spesies ini hanya sedikit yang bertahan hidup, seperti genus Lycopodium sp. danSelagenilla sp.

Spesies Lycopodium merupakan tumbuhan tropis dan hidup sebagai epifit (menempel pada tumbuhan lain) sedangkan untuk spesies lainnya hidup di daerah subtropis. Lycopodium sp. termasuk paku homospora karena menghasilkan spora tunggal yang aan berkembang menjadi gametofit biseksual yang memiliki organ jantan dan betina. Sedangkan Selaginella sp. merupakan tanaman heterospora, karena mneghasilkan dua jenis spora.

 

 Sphenophyta

Orang-orang lebih mengenal tumbuhan ini dengan sebutan  paku ekor kuda. Kebanyakan tumbuhan paku yang satu ini hidup di tempat yang basah seperti rawa. Paku ekor kuda memiliki daun kecil, batang, dan akar sejati. Sphenophyta bersifat homospora. Contohnya adalahEquisteum sp.

 

Pterophyta

Pterophyta banyak terdapat di hutan subtropics. Paku Pterophyta mempunyai daun-daun yang lebih besar dibandingkan dengan divisi yang lain. Contoh jenis tumbuhan paku ini adalahMarsilea crenata dan Asplenium nidus.

 

Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan

Beberapa jenis tumbuhan paku bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dibawah ini akan saya jelaskan pemanfaatan tumbuhan paku oleh manusia.

Sebagai tanaman hiasan :

  • Platyceriumnidus (paku tanduk rusa)
  • Aspleniumnidus (paku sarang burung)
  • Adiantumcuneatum (suplir)
  • Selaginellawildenowii (paku rane)

Sebagai bahan penghasil obat-obatan :

  • Asipidiumfilix-mas
  • Lycopodiumclavatum

Sebagai sayuran :

  • Marsileacrenata (semanggi)
  • Salvinia natans(paku sampan = kiambang)

 

Sebagai pupuk hijau :

  • Azollapinnata >> bersimbiosis dengan anabaena azollae (gangang biru)

 

Sebagai pelindungan tanaman di persemaian :

Gleichenia linearis

Nah.. tuntas sudah artikel yang saya bahas mengenai tumbuhan paku. semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun anda berada. Jika ada yang kurang jelas bisa Berkunjung di sumber kami sebagai di link di bawah ini

Sumber : https://www.murid.co.id/

About Aldi 61 Articles
TERUSLAH BERUSAHA PANTANG MENYERAH